Kurikulum

Kegiatan yang dilakukan di SDIT Thariq Bin Ziyad menggunakan kurikulum terpadu (Integrated Cuririculum) antara Diknas dan Diniyah dengan pengembangan diantaranya:

  • Konsep Pendidikan Islam terpadu, progaram ini memadukan antara konsep pendidikan Nasional dan Konsep pendidikan Islam baik dari metodologi maupun sistem pengajaran
  • Kurikulum 2006 atau KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), merupakan kurikulum yang dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik dengan mengacu kepada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman kepada panduan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)
  • Muatan Lokal, mengembangkan kemampuan berbahasa asing dan pengenalan teknologi dasar serta pengenalan tekonologi informasi.
  • Tahsin Qur’an, Program ini mengantarkan siswa menuju penguasaan membaca Al-Quran dengan baik dan Benar.
  • Tahfidz Qur’an, program ini merupakan program menghapal Al-Qur’an yang secara berkala dilakukan proses pengujian setiap juz dan yang lulus akan mendapatkan sertifikasi sehingga kemampuan hapalan Qur’an dari masing-masing siswa dapat terukur.
  • Full Day School, Program ini bertujuan untuk mengkondisikan kegiatan keseharian siswa dengan lingkungan sekitarnya, baik kemampuan akademis maupun akhlaq keseharian siswa dalam berinteraksi dengan sesama maupun dengan lingkkungan sekitarnya.

Selain mendapatkan pelajaran bidang kurikuler siswa mendapatkan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk siswa mengembangkan diri kearah terwujudnya siswa yang berakhlak Islami, Cerdas, Kreatif, Mandiri, dan mempunyai kepekaan sosial diantaranya:

  • Program Pengembangan Diri (Life Skill), program ini bertujuan untuk mengelola, mengembangkan serta memberdayakan kemampuan diri siswa melalui kegiatan, TSC (Thariq Student Camp), TSSC (Thariq Student Super Camp), TJOT (Thariq Junior Outbond),serta visit education yang dilakukan secara berkala sesuai jenjang levelnya. Selain itu untuk pengembangan emosional dan spiritual siswa dilakukan kegiatan pembinaan melalui MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) serta pembentukan Halaqoh Tarbawiyah.

  • Program Ekstrakurikuler lainnya, diantaranya Kepanduan, Beladiri Karate, Melukis, Kaligrafi, Games Skill, Wartawan Kecil, Da'i Kecil, Dokter Kecil, Futsal, Seni Islami (Nasyid, Drama, Puisi) dan lainnya.

SUMBERDAYA MANUSIA

Dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang baik, maka kebutuhan terhadap tenaga pendidik yang berkualitas menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu kami memiliki prinsip bahwa tenaga pendidik yang baik akan menghasilkan kualitas yang baik, untuk itu sejak semula perekrutan tenaga pendidik kami telah menetapkan standar kwalitas pendidik, selain itu juga kami melakukan pembinaan secara intensif dan berkelanjutan. Tenaga pendidik di Thariq Bin Ziyad terdiri atas guru-guru yang berpengalaman , tartil membaca Al-Qur’an, berwawasan luas, berfungsi sebagai pendidik, da’i dan pejuang serta mempunyai komitmen tinggi terhadap Islam dengan kompetensi yang di miliki diantaranya:

Kompetensi Kepribadian
  • Akidah yang bersih (salimul Aqidah)
  • Ibadah yang benar (shohihul ibdaha)
  • Pribadi Yang Matang (Matinul Khuluq)
  • Mandiri (Qadirun Alal Kasbi)
  • Cardas dan Berpengetahuan ( Mutsaqoful Fikri)
  • Sehat dan Kuat (Qowiyul Jismi)
  • Bersungguh-sungguh dan Disiplin (Mujahidun Linafsihi)
  • Tertib dan Cermat (Munazhomun Fi Syu’unihi)
  • Efisien dalam mengunakan waktu (Haristun ’Ala Waqtihi)
  • Bermanfaat (Nafiun Lighoirihi)

Kompetensi Pedagogik
  • Pemahaman wawasan atau landasan Pendidik
  • Pemahaman terhadap peserta didik
  • Pengembangan Kurukulum/Silabus
  • Perencanaan Pembelajaran
  • Pelaksanaan Pembelajaran yang mendidik dan dialogis
  • Evaluasi Hasil Belajar
  • Pengembangan Potensi peserta didik


Kompetensi Profesional
  • Menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan/atau kelompok mata pelajaran yang akan ditempuh.
  • Menguasai konsep - konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi atau seni yang relevan.


Kompetensi Sosial
  • Berkomunikasi lisan, tulisan dan/atau isyarat
  • Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
  • Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan dan orang tua/wali peserta didik.
  • Bergaul secara santundengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma dan sistem nilai yang berlaku
  • Menerapkan prinsip - prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan